informasi

3 POIN PENTING DALAM DIGITAL MARKETING

3 poin penting dalam digital marketing – Digital marketing saat ini telah banyak pengusaha yang menggunakan strategi ini dalam bisnis mereka. Alasan para pengusaha menggunakan strategi bisnis yang satu ini tentu saja agar bisnis mereka mudah untuk menjangkau konsumen.

 

Digital marketing merupakan proses pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa dengan di bantu oleh adanya teknologi yang makin berkembang. Biasanya seseorang yang bekerja dalam dunia digital marketing disebut dengan digital marketer. Tugas utama dari seorang digital marketer adalah bertanggung jawab dengan kegiatan pemasaran produk yang di tawarkan.

 

3 poin penting dalam digital marketing

Sebelum anda terjun langsung dalam dunia digital marketing, anda perlu untuk memahami poin-poin penting pada digital marketing. apabila anda ingin belajar mengenai digital mareketing dan masih pemula, anda dapat mengawali dengan memahami dasar dari digital marekting. Dibawah ini merupakan 3 poin penting yang perlu anda pahami sejak awal  sebelum memasuki dunia digital marketing.

1.Marketing funnel

Marketing funnel adalah bentuk lain dari customer journey. Pada marekting funnel menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal, mengenal, menimbang, melakukan proses pembelian, menilai produk, dan yang terakhir adalah menjadi seorang pelanggan. Namun terdapat 5 tahapan yang perlu anda ketahui dalam marketing funnel. Hal tersebut antara lain :

  • Awareness (kesadaran)

Tahap pertama pada marketing funnel adalah awareness atau kesadaran. Pada tahap ini konsumen akan menyadari barang apa yang mereka inginkan dan juga yang mereka butuhkan.

  • Consideration

Tahap selanjutnya adalah consideration atau menimbang. Pada tahap ini konsumen mulai untuk mencari informasi lebih banyak mengenai produk yang mereka inginkan dan mereka butuhkan. Selain itu pada tahap consideration para konsumen juga akan membandingkan anatara satu merk dengan merk lainnya.

  • Retention

Setelah melalui tahap consideration tahap selanjutnya dalah retantion atau membeli kembali. Seorang konsumen yang merakan kepuasan dari pembelian pertama suatu produk kemudian mereka memutuskan untuk membeli produk yang sama secara berulang kali. Biasanya konsumen tersebut akan berganti menjadi seorang pelanggan.

  • Advocacy

Ketika seorang konsumen selalu merasa puas akan produk yang mereka beli, para konsumen tentu saja akan menjadi loyal. Mereka akan memberikan testimoni yang bagus serta merekomendasikan produk atau layanan suatu brand kepada banyak orang.

 

Pada intinya dengan anda memahami marketing funnel ini, anda dapat memahami konsep customer jouney dalam sebuah proses digital marekting. Khususnya pada saat mengoptimasi sebuah brand untuk proses digital marekting.

 

2.Memahami tentang inbound dan outbound marekting

 

Poin selanjutnya yang perlu untuk anda ketahui adalah mengenai inbound dan juga outbound marekting. Tentu saja inbound dan outbound marketing adalah dua metode yang berbeda.

 

Inbound merupakan teknik pemasaran digital yang fokus agar para konsumen mencari perusahaan yang mereka butuhkan. Pada teknik pemasaran inbound biasanya dilakukan dengan cara menawarkan konten yang relate, relevan dan juga bermanfaat terhadap suatu produk. Sistem pemasaran inbound adalah dengan cara yang menarik dan melibatkan konsumen. Pada metode ini berfokus pada konsumen. Strategi yang digunakan dalam metode ini mencangkup optimasi SEO, upload konten di social media, email marketing serta pembuatan landing page untuk keperluan marketing.

 

Sedangkan outbound marketing merupakan teknik pemasaran dengan mengharuskan sebuah perusahaan untuk menjangkau para calon konsumen. Pada metode ini biasanya lebih fokus terhadap penjualan produk baik berupa barang maupun jasa. Selain itu pada metode ini kurang dapat membangun hubungan secara jangka panjang dengan para konsumen. Pada outbound marketing menggunakan strategi marketing mencangkup penyebaran brosur, melakukan promosi secara offline, iklan dan juga telemarketing kepada banyak orang.

 

Inbound dan outbound merupakan istilah yang menggambarkan strategi teknis dalam kegiatan digital marketing yang bertujuan untuk mendapatkan konsumen.

 

3.Channel markeitng

Channel marketing merupakan sebuah saluran dalam pemasaran yang berhubungan dengan proses pendistribusian suatu produk dari awal hingga akhir proses selesai. Terdapat pula yang menggambarkan bahwa channel marketing merupakan organisasi atau sebuah kegiatan yang membuat produk tersedia untuk para konsumen.

 

Kebutuhan pemasaran menjadi hal penting sebab berhubungan langsung dengan proses pendistribusian suatu produk. Apapun yang konsumen butuhkan agar produk yang turun pada pasaran tepat sasaran dan jumlahnya mencukupi. Dengan adanya channel marketing akan mempermudah sebuah brand untuk masuk ke pada konsumen hingga dapat di kenal oleh banyak orang.

 

Pada intinya fungsi dari cahnnel marketing adalah agar produk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan terutama bagi anda yang kurang memiliki akses. Selain itu channel marketing juga berperan sebagai branding agar sebuah produk sekaligus dengan brand semakin dikenal banyak orang. Dengan channel marketing yang baik akan mampu meraup lebih banyak konsumen dan juga pelanggan baru. Hal ini dapat mendatangkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

 

Dengan anda mengetahui poin penting dalam digital marketing anda dapat menjalankan digital marketing dengan baik. Anda juga dapat mengikuti pelatihan seputar digital marketing bersama Akademi Kombas. Anda juga dapat menghubungi kami apabila membutuhkan narasumber digital marketing.

 

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas