informasi

3 KATEGORI PASAR DIGITAL MARKETING

3 kategori pasar digital marketing – Digital marketing merupakan cara memasarkan suatu produk melalui media digital dengan di bantu internet. Saat ini istilah digital marketing sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis. telah banyak orang yang terjun dalam dunia digital marketing dan sukses.

 

3 kategori pasar digital marketing

Pasar merupakan sebuah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan sebuah transaksi terhadap suatu produk yang telah di beli. Selain itu pasar juga dapat di artikan sebagai tempat berlangsungnya jual dan beli suatu produk baik barang maupun jasa. Pasar terbagi menjadi dua macam yaitu pasar offline dan pasar online.

 

Pasar online biasanya pasar yang di mana antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung untuk melakukan proses jual dan beli. Sedangkan pasar online atau biasa disebut dengan e-commerce merupakan media digital yang biasa digunakan untuk melakukan bisnis.

 

Pada dunia digital marketing pasar dikategorikan menjadi tiga macam yaitu :

1.Cold market

Cold market merupakan kumpulan prospek di mana konsumen sama sekali belum mengenal anda dan produk yang anda tawarkan. Biasanya cold market ini berisi kebanyakan orang baru, di mana interaksi yang di lakukan juga masih jarang dan konsumen belum tahu atau membeli produk yang ditawarkan.

 

Pada fase ini, anda tidak perlu berjualan secara berlebihan atau sporadis. Apabila anda melakukan pemasaran secara berlebihan, justru akan terang-terangan menolak produk yang anda tawarkan sebab belum adanya keterikatan baik secara emosional atau rasional.

 

Strategi yang dapat anda lakukan pada cold market adalah :

  • Blog

Strategi pertama yang bisa di lakukan adalah dengan menggunakan blog. Anda sapat membagikan konten berupa tulisan dengan tema edukasi yang berkaitan dengan produk baik produk saja maupun barang yang di tawarkan.

  • Konten pada social media

Langkah pertama apabila anda ingin membagikan sebuah konten di social media adalah dengan memahami karakteristik target terlebih dahulu. Setelah itu,  anda perlu menentukan strategi untuk mengenalkan produk melalui social media.

  • Video YouTube

Srategi selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat konten video di YouTube. video tersebut dapat berisi edukasi supaya prosek aware dengan solusi yang nantinya akan di tawarkan.

 

Tujuan dari srategi di atas adalah untuk mengenalkan dan membangun brand awareness, membuat prospek aware akan masalah yang mungkin di hadapi serta membuat prospek jika membutuhkan solusi.

 

2.Warm market

Warm market memiliki ciri-ciri yaitu beberapa orang telah mulai mengenal produk, beberapa orang telah berinteraksi dengan produk bahkan terdapat orang yang telah berencana untuk menggunakan atau membeli produk yang anda tawarkan.

 

Pada dasarnya dalam hal ini market telah mengenal produk yang anda tawarkan namun mereka belum memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk. Pada fase ini biasanya juga disebut dengan fase evaluasi.

 

Strategi yang dapat di lakukan adalah dengan :

  • Resource berupa edukasi

Srategi ini dapat berupa ebook di mana nantinya para pengunjung akan mengisi data mereka dan hal ini dapat menjadi database bagi perusahaan.

  • Resource yang berguna

Anda dapat membuat resource yang berguna bagi para pengunjung. Misalnya saja berupa chees sheet dan yang lainnya.

  • Diskon dan kupon

Diskon dan kupon juga dapat anda berikan untuk menarik perhatian para konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk.

  • Mini class

Dalam hal ini, juga dapat digunakan untuk memeriksa sejauh mana kualitas produk yang anda tawarkan

 

3.Hot market

Hot market merupakan prospek yang telah pernah menggunakan atau membeli produk dan telah percaya pada produk yang di tawarkan. Pada tahap ini para konsumen sering memberikan ulasan mengenai pelayanan yang di berikan dan mereka juga tertarik apabila anda melakukan sebuah promosi. Khusus pada market ini, anda dapat melakukan promosi secara leluasa  sebab konsumen telah memberikan kepercayaan terhadap produk anda.

 

Hot market merupakan bagian pasar yang paling siap untuk membeli produk yang anda tawarkan. Para konsumen telah memahami produk anda hingga pelayanan yang anda berikan. Untuk mendukung hal tersebut terdapat tipe konten yang dapat menunjang hot market. tipe konten tersebut antara lain :

  • Demo

Melakukan demo atau free trial merupakan pemberian kesempatan kepada konsumen untuk mencoa produk atau layanan yang di tawarkan. Hal ini akan berpengaruh pada experience konsumen dan berakhir dengan pembelian.

  • Testimoni konsumen

Dengan adanya testimoni langsung dari konsumen akan menambah kepercayaan para calon konsumen untuk melakukan pembelian. Testimoni yang baik akan memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Anda juga dapat menyajikan beberapa testimoni dari orang-orang yang sedang terkenal maupun pembeli asli.

Hal yang harus di pertahankan oleh perusahaan apabila telah mencapai hot market antara lain :

  • Tetap menjaga kualitas produk
  • Mempertahankan kualitas pelayanan
  • Menawarkan untuk menjadi reseller dari produk yang anda tawarkan

 

Dalam sebuah bisnis rasa kepercayaan para konsumen kepada penjual menjadi salah satu alasan mengapa konsumen harus membeli. Kepercayaan dapat terbentuk karena adanya kedekatan. Kedekatan tersebut berasal dari rasa nyaman para konsumen ketika membeli.

 

Untuk informasi lebih dalam mengenai seputar digital marketing anda dapat mengikuti pelatihan bersama Akademi Kombas.

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas